News!
IBM tercatat sebagai komputer paling cepat di jajaran komputer super cepat dunia dan mengalahkan komputer K buatan perusahaan Fujitsu.












IlmuKomputer95.co.cc- Komputer Sequoia produksi IBM tercatat sebagai komputer paling cepat di jajaran komputer super cepat dunia dan mengalahkan komputer K buatan perusahaan Fujitsu. Apa yang semestinya dilakukan oleh 6,7 miliar orang dengan menggunakan kalkulator tangan tanpa henti dalam waktu 320 tahun untuk menghitung, komputer ini mampu menyelesaikan penghitungan dalam waktu satu jam.

Produksi perusahaan Amerika IBM itu tercatat 1,55 kali lebih cepat dibanding model Fujitsu model, dan menggunakan lebih dari 1,5 juta prosesor. Sebagai perbandingannya, jumlah prosesor komputer super cepat K buatan perusahaan Jepang Fujitsu hanya separuh dari jumlah Sequoia. Dari segi efisiensi energi, Sequoia menggunakan 7,9 megawatt. Adapun komputer K memerlukan 12,6 megawatt.

David Turek, salah seorang petinggi IBM mengatakan kepada BBC bahwa perusahaannnya telah merencanakan untuk kembali menduduki posisi paling atas selama dua tahun terakhir. "Perencanaan matang membuahkan hasil ini. Kami tahu hal ini akan menjadi kenyataan," kata David Turek.

Turek menyebut Sequoia sebagai "puncak efisiensi energi" dan menuturkan pasar memberikan tanggapan positif. "Laboratorium-laboratorium milik pemerintah di berbagai negara Eropa sudah menyatakan minat," tuturnya.

Sequoia telah dipasang di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, milik Departemen Energi Amerika Serikat di California. Inilah untuk pertama kalinya perusahaan komputer Amerika menempati posisi teratas sejak dikalahkan oleh Cina dua tahun lalu. Cina dan Jerman masing-masing mempunyai dua super komputer, sedangkan Jepang, Prancis dan Italia masing-masing memiliki satu komputer super cepat.


Sumber : Liputan6

Copyright © 2011-2013 Ilmu Komputer 95. Hak cipta dilindungi Oleh Undang-undang.

Diposting oleh Tabugan Keluarga Sawah on Selasa, 19 Juni 2012

0 komentar

Posting Komentar

Blog Archive

Ikuti Kami Juga Disini!

Informasi Situs