News!
Tahukah anda, Sebenarnya dengan teknologi Augmented Reality (AR) semuanya ini sangat mungkin dilakukan.














IlmuKomputer95.co.cc- Jika anda penggemar Film, pasti pernah menonton Film "The Terminator 2" yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, film yang hadir pada tahun 1991 dan sangat sukses.

Dikisahkan Arnold Schwarzenegger adalah sebuah robot yang datang dari masa depan untuk melindungi dan menyelamatkan seorang anak dari serangan robot jahat yang juga datang dari masa depan.

Arnold dengan mata robotnya mampu mendapatkan informasi-informasi digital secara langsung dari setiap benda yang dia temui dan bukan hanya benda, tapi juga mampu mendapatkan informasi personal dari orang yang ditemuinya.

Atau pada Film “Iron Man” di mana Tony Stark mendapatkan informasi-informasi digital di sekelilingnya di dalam masker Iron Man.


Mungkin banyak dari penonton ketika menyaksikan adegan ini berfikir kalau ini hanya akan terjadi di film saja. Atau mungkin ada juga yang berfikir kalau adegan ini mustahil ada di dalam dunia nyata.

Tahukah anda, Sebenarnya dengan teknologi Augmented Reality (AR) semuanya ini sangat mungkin dilakukan.

Teknologi Augmented Reality merupakan teknologi di mana elemen digital kita gabungkan ke dunia nyata secara langsung atau "real time".

Adegan di mana Arnold Schwarzenegger dan Iron Man mampu mengenali objek-objek dan mendapatkan informasi data secara real time, merupakan salah satu contoh implementasi dari teknologi Augmented Reality.

Bayangkan turis asing sedang berjalan-jalan di kota tempat anda tinggal. Turis asing sama sekali tidak mengetahui informasi mengenai kota anda dan bahkan tidak dapat berkomunikasi di kota anda karena kesulitan bahasa.

Kemudian Turis asing ini mengeluarkan dan memakai kacamata pintar berbasis teknologi Augmented Reality. Dalam sekejap informasi-informasi mengenai kota anda akan terlihat langsung di dalam pandangan mata si turis asing.

Dia tidak akan kesulitan untuk mencari tahu tentang tempat makan enak di kota anda, karena akan ada informasi mengenai tempat makan-tempat makan yang enak. Bahkan dapat mendapatkan informasi tempat makan yang sedang ada promosi discount.

Dia juga tidak akan kesulitan untuk mencari akses jalan ke tempat makan tersebut karena dibantu oleh peta digital yang akan memandu jalan. Turis ini juga dapat mengerti apa yang anda katakan, karena secara real time, akan muncul terjemahan sesuai dengan bahasa yang dimengerti si turis asing.


Inilah kota masa depan, kota yang memberikan informasi digital dan sharing informasi secara langsung atau "real time". Berkat teknologi Augmented Reality, semua ini bisa diwujudkan.

Augmented Reality sebenarnya bukan suatu teknologi yang baru, tapi pengembangannya semakin pesat dan luas seiring meningkatnya perangkat yang mendukung teknologi ini.

Saat ini hanya dengan menggunakan mobile atau telepon genggam anda dan mengunduh aplikasinya, anda sudah bisa bermain dengan teknologi Augmented Reality.

Penerapan aplikasi Augmented Reality, sejauh ini menjadi salah satu inovasi paling populer di dunia, terutama di dalam bidang entertainment, sales, marketing, advertising dan juga sarana edukasi. Sejauh ini penerapannya sangat diterima dengan baik oleh masyarakat banyak.

Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh dan bermain secara langsung dengan teknologi Augmented Reality ini, datang saja ke event ARTX (Augmented Reality and Technology Xperience) 2012 di kampus Anggrek, Universitas Bina Nusantara pada tanggal 15-16 Juni 2012.

Di sana skan ada pameran dan seminar mengenai teknologi Augmented Reality yang pernah ada di Indonesia dan juga negara-negara di asia.

Mari kita jadikan kota tempat tinggal kita menjadi augmented city; kota masa depan yang dapat memudahkan turis asing untuk menikmati keindahan kota kita.

Sumber : Tekno.Kompas

diKetik Oleh : Peter Shearer (@peter_shearer) adalah Managing Director AR&Co (@AR_n_Co)

Copyright © 2011-2013 Ilmu Komputer 95. Hak cipta dilindungi Oleh Undang-undang.

Diposting oleh Tabugan Keluarga Sawah on Kamis, 14 Juni 2012

1 Responses to Kota Masa depan, Augmented City

  1. Blogger Says:
  2. Need To Increase Your ClickBank Banner Commissions And Traffic?

    Bannerizer makes it easy for you to promote ClickBank products using banners, simply go to Bannerizer, and grab the banner codes for your picked ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator to promote all of the ClickBank products.

     

Posting Komentar

Blog Archive

Ikuti Kami Juga Disini!

Informasi Situs